Hari 32 "Bonglo si Dingin".

Pada catatan harian sebelumnya, telah saya ceritakan mengenai kenekatan kami menembus gelap dan dinginnya BASTEM dengan berangkat kembali dari Palopo menuju Bonglo, desa yang menjadi tempat posko 1 berada. Star sekitar pukul 21.00 WITA dari Palopo, kami hendak bermalam di Bonglo. Sepanjang perjalanan, kami hampir terjatuh beberapa kali. Factor medan jalan yang terbilang cukup ekstrim ditambah penerangan yang kurang memadai menjadi kendala kami. Memang ketika berangkat dari BASTEM ke Palopo, kami berangkat dengan berempat. Ketika kembali, kami hanya tiga orang. Kak Joni tinggal di Palopo untuk beberapa hari kedepan.

Dingin yang teramat sangat mulai menyelimuti kami. Padahal perjalanan masih setengahnya. Kami singgah untuk sekadar minum air persediaan kami sembari mendingingkan mesin motor yang telah menempuh tanjakan yang cukup ekstrim. Gubuk-gubuk ini pulalah yang menjadi tempat singgah kami dulunya, ketika awal keberangkatan kami dulu bersama para panitia. Tanpa harus menunggu terlalu lama, kami lanjutkan kembali perjalanan ini.

Sekitar pukul 22.45 WITA, kami telah tiba di posko 1. Kami jumpaai sebahagian dari penghuni posko masih terjaga. Sebahagian besar yang lain telah beristirahat. Disambut bak tamu yang datang dari jauh, kami disuguhi makan malam. Pun dengan kopi setelahnya. Setelah beberapa saat kami bincang-bincang, kamipun memutuskan untuk beristirahat juga. Namun bukan main dinginnya cuaca yang kami rasakan. Bonglo memang termasuk daerah berhawa dingin. Terlebih lagi ketika subuh harinya, sampai-sampai air wudhu terasa menusuk pori-pori saya. Selepas sarapan, kembali kami duduk melingkar untuk sekadar diskusi ringan. Tak jauh-jauh topic bahasan kami. Tentang proker, masyarakat setempat masing-masing, hingga dana kegiatan yang entah ada yang akan datang atau tidak dari pihak kampus.

Mengingat berbagai agenda yang kami rancang juga di posko kami masing-masing, maka kami pun memutuskan kembali ke posko. Sekitar dua jam kuranmg, kami telah sampai di desa Lissaga. Lalu kamipun melaksanakan agenda kami masing-masing sebagaimana mestinya.

Posting Komentar

0 Komentar